Selasa, 05 Oktober 2010

Kim Jong Un, Pewaris Tahta se-Tambun Kim Jong Il


Melalui Konferensi Delegasi Partai Buruh, Korea Utara secara resmi memulai proses peralihan kekuasaan generasi ketiga, yaitu dari mendiang pemimpin Korea Utara Kim Il-sung ke anaknya Kim Jong-il, dan sekalgi lagi dari Kim Jong-il ke putranya Kim Jong-un. Mata dunia sedang memandang ke negara komunis itu dengan keraguannya apakah suksesi kekuasaan generasi ketiga yang belum pernah terjadi dalam sejarah modern itu, akan benar-benar terwujud.

Menurut berita, Kim Jong-un belajar di Swiss selama 5 tahun dan kembali ke Pyongyang pada tahun 2002 untuk studi di Perguruan Tinggi Militer Kim Il-sung. Dia dikenal sebagai orang bersikap ambisius dan bertekat kuat. Watak dia lebih banyak mirip dengan ayahnya daripada dua saudara lainnya. Kim Jong-un yang masih berusia 20-an itu akhirnya ditunjuk resmi sebagai pengganti Kim Jong-il kurang dua tahun sejak dia dilantik sebagai calon pada Januari tahun lalu. Proses peralihan kekusaan ke Jong-un sedang dilaksanakan dengan sangat cepat, dibandingkan dengan waktu proses peralihan kepemimpinan dari kakeknya Kim il-sung ke ayahnya Kim Jong-il.


Inilah photo yang ditengarahi sebagai Kim Jong Un (tengah), putra bungsu Kim Jong Il. Namun pria yang tampak berwajah tambun ini tidak diketahui secara rinci riwayat hidupnya.  


Sementara itu, melalui konferensi paratai itu, Kim Jong-il membentuk struktur kekuasaan supaya pengganti muda itu didukung oleh kerabat darah dan pembantu dekat yang berjumlah total 6 orang, termasuk Kim Jong-un sendiri yang diangkat sebagai jenderal. Orang lainnya termasuk Kim Kyong-hui, saudara perempuan Kim Jong-il dan suaminya Jang Song-thaek, wakil ketua komisi pertahanan nasional, Choe Ryong-hae dan Kim Kyong-ok, yang sudah lama menjadi asisten terdekat Kim Jong-il.

Apa yang menarik perhatian adalah Ri Yong-ho, kepala staf angkatan bersenjata militer Korea Utara, yang kali ini diangkat ke pangkat “Chasu” yang lebih tinggi daripada jenderal bintang empat. Ri Yong-ho yang dikenal sebagai salah satu tokoh inti dalam kubu Jang Song-thaek itu diperkirakan akan memainkan peranan utama untuk membantu supaya pemuda Kim Jong-un dapat membangun kepemimpinan sendiri dalam kubu militer. Akan tetapi, itu tidak jelas apakah proses suksesi kekausaan dari ayah ke putranya didukung oleh saudara dan asisten itu akan bisa berjalan dengan lancar.

1. KSB World Radio
2. Photo : Kompas.com

2 komentar:

Anonim mengatakan...

@jubir korea selatan : korea utara smp sejauh ini blm p'nah mjd tuan rumah "WORLD CUP" spt korea selatan. HIDUP KORSEEELLL..!!

Nur Elly Saputra mengatakan...

HIDUP JEPANG...!!