Minggu, 03 Oktober 2010

Meski Dapat Embargo Dunia, Postur Militer DPRK Tetap Seksi

Postur & Kapabilitas Militer Pyongyang

Lumayan hebat juga untuk ukuran negara sedang berkembang. Korea Utara memiliki tentara aktif sebesar 1.106.000(satu juta seratus enam ribu) orang. Tentara cadangan sekitar 4700.000(empat juta tujuhratus ribu) orang.

Menurut informasi yang bisa dipercaya, Korea Utara memiliki 3500(tiga ribu limaratus) tank. Senjata lain sekitar 3060(tiga ribu enampuluh ribu), artileri sejumlah 17.900(tujuhbelas ribu sembilan ratus), dan Helikopter sampai sejauh ini tidak ada catatan yang cukup akurat berapa persisnya. Namun diperkirakan berkisar antara 500 sampai 800.

Angkatan Laut, Korea Utara memiliki kapal selam 63, frigat 3, dan kapal Amphibi sejumlah 261.

Angkatan Udara Korea Utara pun ternyata cukup luarbiasa, dan wajar jika Amerika cukup cemas dibuatnya. Korea Utara memiliki pesawat pembom sekitar 80 buah. Jet tempur 440, pesawat transportasi 215.Dan Helikopter sebanyak 302.


Kalau Anggota Militer Seperti Ini,
Rela Mengabdi untuk Menjadi Perawat Militer ( Wwuuu...) 



Sumber :  3, Komputer1



Parade Militer Korea Utara

Korea Utara akan menyelenggarakan parade militer terbesarnya melibatkan 20.000 tentara, rudal, tank dan senjata lainnya untuk memperingati ulang tahun partai yang berkuasa akhir pekan ini, kata sebuah laporan, Jumat.

Kantor berita Korea Selatan (Korsel), Yonhap mengutip sumber-sumber mengatakan perayaan Ahad nanti juga akan melibatkan sekitar 100.000 warga sipil dalam satu pawai. Kembang-kembang api telah diimpor dari China untuk dinyalakan pada Ahad petang di sepanjang tepi sungai Taedong, yang mebelah dua ibu kota Pyongyang.


Perayaan itu terjadi kurang dari dua mingg setelah putra bungsu pemimpim Kim Jong Il diangkat menjadi jendral bintang empat dan memberikan dua jabatan penting partai komunis. Tindakan-tindakan itu menegaskan statusya sebagai pengganti ayahnya, 68 tahun yang sakit, kata para pejabat Korsel.

Menteri Pertahanan Korsel Kim Tae-Young, Senin mengatakan Korut tampaknya menggunakan perayaan ulang tahun itu untuk melakukan "penyusunan satu rencana suksesi" bagi putra Jong-Un.

Menteri itu mengatakan sekitar 15.000 tentara dikerahkan dekat Pyongyang untuk parade memperingati ulang tahun ke 65 pembentukan partai itu.

Negara yang memiliki senjata nuklir tetapi miskin itu berjuang untuk memberi pangan kepada rakyatnya dengan sepertiga anak-anak kekurangan gizi menurut dana anak-anak PBB.

Kantor berita resminya KCNA memberitakan, Jumat ibu kota itu berada dalam situasi festival, dengan pameran-pameran seni, foto dan buku diselenggarakan untuk memperingati ulang tahun itu.Masa membanjiri musium-musium untuk mempelajari tentang "sejarah agung" partai itu atau mengunjungi patung raksasa pendiri negara itu Kim Il Sung untuk meletakkan karangan bunga, katanya. Jalan-jalan dihiasi dengan bendera-bendera dan plakat-plakat bertuliskan "Partai Berkemauan Keras" dan "Partai tak Terkalahkan".
 
Para aktivis Korsel mengatakan mereka akan menyebarkan selebaran lintas perbatasan mengecam rencana suksesi dinasti bertepatan dengan ulang tahun itu.

Peluncuran selebaran-selebaran dari kota Paju itu bertujuan untuk mendorong rakyat Korut bangkit melawan Kim Jong Il, kata Park Sang-Sang-Hak, yang memimpin satu kelompok pembangkang kepada AFP.

Ia mengatakan balon-balon yang membawa selebaran-selbaran itu juga akan membawa disket-disket yang mengecam Kim dan pewarisnya. Selebaran-selebaran sebelumnya yang disebarkan kelompok-kelompok swasta membuat Korut marah. Pada perundingan-perundingan militer pekan lalu, Korut mengatakan artilerinya siap menembak lokasi-lokasi di Korsel yang digunakan untuk meluncurkan selebaran-selebaran itu kecuali Seoul menghentikan praktek itu.

Park mengatakan ia tidak gentar dengan ancaman itu.

"Saya tidak takut sama sekali karena telah diancam banyak sekali, secara terbuka dan langsung. Saya tidak takut melakukan itu," katanya kepada AFP.

Pemerintah Korsel mengatakan pihaknya tidak memiliki kekuatan hukum untuk melarang kelompok-kelompok swasta menyebarkan selebaran itu melintas perbatasan. Pemerintah Seoul mengatakan pihakya akan melancarkan propaganda sendiri termasuk selebaran, siaran radio dan siaran melalui pengeras suara jika ada provokasi-provokasi lagi dari tetangganya itu.

Seoul menuduh Korut menyerang sebuah kapal perang Korsel Maret yang menewaskan 46 pelaut, satu tuduhan yang dibantah keras oleh Pyongyang.


Referensi : 
1. KSB World 
2. BBC
3. http://www.komputer1.com/forum/HOT-Kekuatan-Militer-Korut-vs-Korsel-agak-BB
4. tvone.com/internasonal/

5 komentar:

Anonim mengatakan...

@jubir korea selatan: tp korea selatan puny teknologi tepat guna & IT yg maju drpd korut trs kebabasan pers yg lebih terbuka & rakyatnya g hidup dlm "starvation". masa pemandu wisata d korea utara g taw michael jackson

Nur Elly Saputra mengatakan...

Bener Hidup Jepang

Nur Elly Saputra mengatakan...

Korut ( Korea Mengkeret -> Impoten );

Nur Elly Saputra mengatakan...

perawate koyo pitik kate bokonge megar

Anonim mengatakan...

yo ben, sing penting iso ngemut...