Kamis, 30 Oktober 2008

Tumpengan Lenteramuda


Terbit perdana dalam edisi cetak Majalah Lenteramuda, Perspektif Jogja disambut suka cita para redaksi. Setelah empat bulan hanya terbit lewat dunia maya.
Tentusaja ini menjadi sebuah catatan tersendiri bagi Penerbitan Pers Independen Lenteramuda yang menaungi Majalah Lenteramuda. Dengan usia rata-rata dibawah 25 tahun, Redaksi Lenteramuda punya keberanian dan semangat kerja keras tinggi. Apalagi dihadapkan pada persaingan belantara dunia bisnis jurnalistik yang anarkhi.
“Wis pokokke lillahi taala, maju patang mudur. Ini bukan nekat tapi ini adalah pembuktian bahwa yang muda saatnya berkarya dan berkarya” ungkap Nur Elly Saputra, redaksi IT, yang tergila-gila sama Linux.
Inilah wujud dari komitmen generasi muda ikut andil dalam membangun dan menentukan peradabannya. Jangan sampai arus yang kencang ini membawa semua kearah yang tidak menentu.
Kenekatan dan wajah penuh optimis diperlihatkan Andaruno Jati Laksono, Marketing Lenteramuda. “Awake dewe ki kudhu tampil beda dan percaya diri. Sing penting tetap komitmen bangun idealisme tapi juga fleksibel dan independen kudu mengiringi” menguatkan semangat Redaksi Lenteramuda.
Bancaan Jajan Pasar
Sebagai insan beragama dan berakidah, Redaksi Lenteramuda juga memajatkan puji syukur kehadirat Allah SWT. Tanpa hidayah dan karunia Nya tidak mungkin komitmen dan kerjasama untuk menghidupkan sampai sekarang, bahkan dapat terbit cetak.
Karena kebanyakan Lenteramuda dihuni orang Jawa, mereka menggelar berdoa bersama dengan format bancaan jajan pasar. Doa bersama dengan sugguhan berupa aneka warna jajanan tradisional yang dibeli dari pasar.
Sempat eyel-eyelan antarredaksi, memilih tumpengan atau bancaan jajan pasar. Pertimbangan kesederhanaan, kehidmatan dan pengiritan maka dipilih bancaan jajan pasar. Sekaligus nguri-nguri kabudayan Jawi, yang termasuk komitmen konten dari Majalah Lenteramuda.
“Tumpengan dah umum, tidak hanya orang Jawa tapi dah nasional. Sing bedo wae lah. Yo sekali-kali mlebu pasar, ojo nang mall wae”, perkuat Suhendri, Hendriawan dan Deko, Redaksi Lenteramuda yang lain. (jry, henhentauruz & dd)

Tidak ada komentar: